Bahaya..Tahi Lalat di Wajah bisa jadi Kanker

Hampir semua orang mempunyai tahi lalat, apakah itu di wajah atau bagian tubuh lainnya. Dengan tahi lalat diwajah terkadang seseorang akan kelihatan lebih menarik, tapi bagaimana kalau tahi lalat itu tumbuh semakin membesar, pasti akan menjadi masalah tersendiri.

Tahi lalat, baik yang ada di bagian wajah atau bagian tubuh lainnya ada yang tidak berbahaya, tapi ada yang bahaya, karena bisa jadi itu merupakan Kanker kulit.

“Tahi lalat yang tidak berbahaya bentuknya jelas bulat, kalau bentuknya asimetris perlu dicurigai kanker kulit.” Ungkap Rachel Djuanda, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin  mengungkapkan.

Baca Juga :  Buah Cermai bisa Bikin Kulit Halus dan Bercahaya

Rachel juga menjelaskan, ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya bisa dilihat dengan rumus ABCD (Asymmetric, Border, Colour, Diameter). “Batas tahi lalat yang tidak berbahaya selalu jelas dan tidak membercak, warnanya tidak lebih dari satu, diameternya kecil dan tidak membesar.” Tambah Rachel.

Sebaliknya, kata Rachel, kalau ciri-cirinya beda, seperti bentuknya asimetris, tanda batasnya tidak jelas, warnanya beberapa macam, diameternya besar dan membesar berarti perlu dicurigai sebagai kanker. “Kalau muncul salah satu ciri-ciri tahi lalat yang dicurigai kanker segera pergi ke dokter ” pungkasnya.(adi)