Duduk Lama di Sofa Empuk, bikin sakit Punggung

Tips Sehat

Kebiasaan nonton TV sambil duduk di sofa yang nyaman dan empuk ternyata tidak bagus untuk kesehatan punggung. Apalagi duduknya sampai berjam-jam, bisa mengganggu tulang belakang. Seperti yang dialami Dicky, usia 45 tahun asal Mojokerto, dia mengaku saat ini punggungnya sering nyeri.

dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang menjelaskan, duduk dalam waktu yang lama ditempat yang empuk bisa memicu masalah di tulang belakang atau punggung.

“Saat kita duduk, beban setengah tubuh kita akan membebani pinggang, termasuk tulang belakang bagian bawah. Kalau kita keasyikan duduk di sofa dalam waktu yang lama sambil nonton TV misalnya, itu kurang bagus untuk tulang punggung kita karena sofa tidak ergonomis atau tidak sesuai bentuk tulang belakang.” Terangnya.

dr Mahdian menambahkan kursi yang baik untuk diduduki adalah yang beralas keras. “Dulu, orang tua kita dikampung suka duduk di kursi bambu, kursi kayu atau kursi yang alasnya keras, mereka jarang mengeluhkan sakit pinggang atau punggung.” Tambahnya.

Dokter Mahdian menyarankan, duduk di sofa empuk boleh-boleh saja, asalkan kalau sudah mulai terasa pinggangnya nyeri, atau pantatnya panas sebaiknya berdiri atau pindah 10-15 menit.(tata/wikafm)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :