Tekan Penderita Kusta, Pemprov Benahi RS Sumberglagah Mojokerto

Pencegahan Kusta di Jatim

Jumlah penderita kusta di Jawa Timur tertinggi di Indonesia, data tahun 2016 tercatat, jumlah penderita Kusta di Jatim mencapai 4.183 penderita. Selama ini, Penanganan penyakit kusta terpusat di RS Sumberglagah, Pacet Mojokerto.

Untuk menekan angka penderita kusta di Jatim,  Pemprov berencana menambah fasilitas di RS Kusta Sumberglagah dengan menambah tempat rehabilitasi dan mengembangkan menjadi Rumah Sakit Umum.

DR Aria Sidemen, Direktur Utama RS Kusta Sumberglagah mengatakan, dengan adanya tempat rehabilitasi, pihak rumah sakit bisa melakukan pendampingan secara intensif pada penderita kusta. “Selama ini kita hanya memberikan bimbingan psikologis pada para penderita kusta.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Perkosa Pelajar di Tengah Sawah, Pemuda Mojokerto Diringkus

Sementara Kohar Hari Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur mengatakan, akan segera mengkaji rencana pengembangan RS Sumberglagah bersama tim Pemrov Jatim, “Kita akan segera melakukan pengkajian terkait penambahan fasilitas rehabilitasi kusta, mengingat jumlah penderita kusta di Indonesia mencapai 18 ribu penderita atau nomor tiga di dunia.” Terangnya.

Kedatangan tim dari Propinsi ini berkaitan dengan acara Bhakti Sosial yang digelar Badan Kerjasama Organisasi wanita (BKOW) yang dihadiri ketua BKOW – Fatma Saifullah Yusuf istri wakil gubernur Jawa timur dan Ikfina Kamal pasa istri Bupati Mojokerto, Camat, dan Perangkat Desa.(fam/udi)