Pesta Ikan di Waduk Peninggalan Mojopahit di Mojokerto

Waduk Sumber Wulu Ngoro

Ratusan warga Desa Wonosari, Ngoro menggelar pesta tangkap ikan, di sebuah waduk yang konon merupakan peninggalan Mojopahit. Pesta tangkap ikan sudah menjadi tradisi yang digelar setiap tahun.

Ardian, pemuda desa setempat mengaku selalu mengikuti pesta tangkap ikan ini, alasannya untuk hiburan dan seru-seruan. “Lumayan untuk hiburan, ikannya juga banyak dan bisa dibawa pulang untuk dimasak bersama keluarga.” Ungkapnya.

Sementara M Yasin, Kepala Desa Wonosari mengaku acara ini selain untuk melestarikan tradisi memang untuk hiburan rakyat. “Masyarakat selalu menunggu acara tangkap ikan ini, dan sebelumnya di kolam ini kita menabur ribuan bibit agar ketika panen ikannya banyak, dan bisa dinikmati masyarakat.” Terangnya.

Baca Juga :  Lagi trend, Hotel Kapsul Mewah juga ada di Mojokerto

Acara tangkap ikan di Waduk Sumber Hulu ini diikuti oleh anak-anak hingga orang tua, mereka dilarang membawa alat dan hanya boleh memakai tangan kosong. Konon, Waduk Sumber Wulu ini ada hubungannya dengan kerajaan Majapahit.

“Cerita orang tua dulu, Waduk ini peninggalan kerajaan Mojopahit dan ada kaitannya dengan salah satu candi Bangkal yang ada di Desa Wonosari, selama ini, waduk ini dimanfaatkan untuk irigasi pertanian warga desa, nantinya akan dikembangkan menjadi tempat wisata.” pungkas M Yasin, Kepala Desa Wonosari, Ngoro.(fam/udi)