Mimpi Mojokerto, Punya Wisata Air Mancur Modern di MKP Brantas

Anggaran perencanaan Rp 500 juta siap dilelang

Keinginan Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP) untuk mempunyai wahana wisata di area kali Brantas bakal jadi kenyataan, saat ini Disporabudpar sedang menyusun konsep pembangunan Mojokerto Kawasan Pariwisata atau MKP Brantas, yang juga dikenal dengan sebutan Taman Brantas Indah (TBI).

Djoko Widjayanto, Kepala Disporabudpar Kabupaten Mojokerto mengatakan, tahun ini sudah dianggarankan Rp 500 juta untuk perencanaan wahana baru di MKP Brantas, dengan konsep taman terbuka dan food court. “Rencananya di sekitar sungai Brantas akan dibangun taman terbuka menghadap ke sungai dengan dilengkapi berbagai fasilitas, juga dibangun pusat jajanan dan makanan yang tertata rapi di utara sungai Brantas.” Terangnya.

Djoko juga mengatakan, disepanjang sungai Brantas nanti akan dipasang air mancur modern yang mampu memancarkan air setinggi 100 meter, dengan dipadu lampu LED warna-warni. “Target kita, ini akan menjadi wahana wisata baru yang bakal menjadi idola masyarakat Mojokerto dan sekitarnya.” Tambahnya.

Baca Juga :  Narkoba dan Miras masih Merajalela di Mojokerto

Pembangunan wisata di MKP Brantas ini tidak bisa dilakukan secara all out oleh Pemkab Mojokerto, karena lokasinya berada di wilayah sempadan sungai dibawanya kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. “Ada beberapa bangunan yang tidak boleh permanen, karena berada diwilayah sempadan sungai, jadi kita tidak bisa all out.” Pungkasnya.

Sekedar informasi, Pemkab Mojokerto saat ini getol mengembangkan potensi wisata, diantaranya membangun wisata Ubalan menjadi Water Park dengan anggaran Rp 22,9 miliar yang ditarget akhir tahun ini selesai, serta bakal merombak wisata Tanjungan pada tahun 2018.(sma)