Gesits, Motor Listrik karya Anak Bangsa dibandrol 15 Jutaan

2018 mulai beredar di Pasar

Indonesia bakal punya motor listrik karya anak bangsa yang siap mengaspal tahun depan, Gesits itulah nama motor listrik yang risetnya ditangani kelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) kerjasama dengan Garansindo Group.

Proses produksi Gesits 90 persen menggunakan komponen lokal, perakitan dilakukan di pabrik PT WIKA Industri dan Konstruksi yang bertempat di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo Group mengatakan, Gesits akan diproduksi 50 ribu unit per tahun, dan untuk tahap awal akan dipasarkan di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depot, Tangerang, Bekasi dan Bali. “PT Gesits Technologies Indo akan memulai memproduksi Gesits pada kuartal pertama 2018, pada kuartal kedua Gesits diproyeksi sudah ada di pasaran, harganya ada di kisaran antara Rp 15 juta dan Rp 20 juta.” Katanya.

Baca Juga :  Alfamart di Mojokerto Dibobol Maling pake Modus Kuno

Gesits mempunyai model yang bagus, berbentuk skuter dengan menggunakan motor elektrik berdaya 5 kilowatt dengan torsi 15 Nm pada 3.000 rpm. Motor ini memakai baterai lithium ion yang membutuhkan waktu tiga jam untuk mengisi ulang daya.

Saat baterainya terisi penuh, Gesits mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan 100 km per jam. Saat ini Garansindo sedang menjajaki kerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Pertamina untuk menyandingkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dengan SPBU.

“Konsep yang paling gampang dari SPLU dibikin sistem swap baterai, agar selain melayani charge, juga baterai bisa diganti langsung dengan yang sudah full seperti tabung gas LPG.” Pungkas Al Abdullah.(sma)