309 Pemuda dibekali Kretifitas Kemenpora di Mojokerto

Target bangun ekonomi Desa Mandiri

Kementerian olah raga (Kemenpora) RI mengumpulkan 309 pemuda yang tergabung dalam Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) hasil seleksi di Jawa timur, di Hotel Vanda, Trawas, Mojokerto. Senin (23/10). Mereka diberi pembinaan untuk menjadi pemuda yang memiliki kreatifitas dibidang ekonomi, bermental pengusaha dan jujur.

PMMD merupakan  program unggulan Kemenpora untuk melaksanakan revolusi mental di kalangan pemuda, ada 1500 pemuda dari seluruh Indonesia yang lolos seleksi, dan Jawa Timur peminatnya paling banyak dan yang lolos seleksi mencapai 309 pemuda dari 10 Kabupaten.

Sopti Popiyati, Kabid Pelopor Pemuda Daerah Khusus, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI menjelaskan, di Jawa Timur ada 10 kabupaten yang terpilih, Diantara Pamekasan, Blitar, Lamongan, Tulungagung, Sidoarjo, Jember,  Gresik, Lumajang, Bangkalan dan Malang. “Ada 309 yang lolos seleksi, mereka akan diberi pembinaan kreatifitas ekonomi agar bisa memajukan potensi masing-masing daerah yang kurang berkembang.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Kamis Besok, E-ticket Wisata Air Panas Mojokerto Dimulai

Harapan dari program ini, akan lahir pemuda mandiri dari daerah yang bisa menjadi  penggerak dan pelopor bagi masyarakat sekitarnya. “Mulai membantu kegiatan lingkungan, memajukan olahraga, sosial  budaya dan tradisinya.” Tambahnya.

Program PMMD mulai digelar di tahun 2017, telah dilaksanakan di sepuluh provinsi di Indonesia. “Target kami, dari 1500 pemuda mandiri yang lolos seleksi, akan menghasilkan 500 pemuda yang terbaik, untuk dinobatkan sebagai pemuda pelopor.” Pungkasnya.

Sementara sepuluh propinsi yang melaksanakan program PMMD dai Kemenpora ini diantaranya Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.(fam/udi)