Dicemari Kebakaran Pabrik, 2 Ha Sawah di Mojokerto Gagal Panen

Hari kedua Api Belum Padam

Kebakaran Pabrik pengolahan kopra dan pembuatan mebel milik PT Mandalindo Tata Perkasa di Jalan Raya Perning KM 22, Jetis, Mojokerto sejak Minggu (29/10) sampai Senin pagi (30/10) belum bisa dipadamkan, dilokasi ada 4 mobil PMK yang sibuk memadamkan api.

Sementara dari dalam pabrik, keluar limbah cair berwarna hitam bercampur oli yang mengalir ke sawah penduduk, akibatnya tanaman cabai, padi dan sayuran layu dan mati atau gagal panen.

Suwadak, pemilik sawah mengaku, limbah hitam yang keluar dari pabrik biasanya tidak pernah ke sawah, tapi karena kebakaran yang sampai sekarang belum selesai akibatnya ada limbah cair yang mengalir dan masuk ke sawah penduduk. “Karena terkena limbah, akhirnya semua tanaman layu dan mati, padahal tanaman padi dan cabai miliknya baru saja ditanam.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Tersedia 2000 lebih Loker di Job Fair Mojokerto 2017

Hal yang sama juga di katakan Mulyadi, pemilik sawah di sekitar pabrik yang terbakar. “Ada lahan sekitar dua hektare lahan sawah milik warga yang terkena dampak dialiri limbah hitam pabrik dan tanamannya rusak.” Jelasnya.(sma)