Exit Tol Sumo Rawan Macet Saat Natal dan Tahun Baru

Ujicoba Hingga 31 Desember 2017

Slider

Setelah Tol Surabaya – Mojokerto beroperasi penuh dan masih ujicoba gratis hingga 31 Desember 2017, diprediksi saat liburan Natal dan tahun baru bakal menimbulkan kemacetan di pintu keluar atau exit tol Sumo.

Dalam konferensi pers, Kamis (21/12), Soebagiono, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR mengatakan, tol Sumo yang baru diresmikan presiden itu pasti bakal banyak yang memanfaatkan saat libur natal dan tahun baru, sehingga perlu diantisipasi dampak kemacetannya.

“Pasti akan banyak pengguna jalan yang pakai, tapi bagaimana agar tidak jadi sumber kemacetan, jangan sampai terjadi seperti brexit tahun lalu.” Ungkapnya.

Kata Sugiono, Pihak tol harus koordinasi dengan kepolisian dan kementerian perhubungan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur yang menyempit.

Baca Juga :  Ada yang Jual BBM di Tol Surabaya - Mojokerto

Prediksi yang sama juga disampaikan Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), menurutnya Tol Sumo pasti ramai saat liburan nanti, karena hingga akhir tahun masih gratis.

Sementara di kawasan Kota Mojokerto, Dinas Perhubungan memprediksi kemacetan juga bakal terjadi di jalan By Pass Mojokerto, meskipun Tol sumo sudah beroperasi diperkirakan hanya akan mengurangi kemacetan di jalur nasional sekitar 15 persen.

“Tapi kalau libur Natal dan tahun baru nanti, justru jalan By Pass akan rawan macet, karena di japan ini juga dipakai akses keluar-masuk tol sumo di gerbang Penompo Mojokerto.” Kata Gaguk try Prasetyo, Kepala Dishub Kota Mojokerto.(sma)