Tol Sumo Beroperasi, By Pass Mojokerto Diprediksi Masih Macet

Kawasan Rawan Macet di Mojokerto

Dinas Perhubungan Kota Mojokerto memprediksi libur natal dan tahun baru di jalan By Pass Mojokerto masih macet, kalaupun ada pengurangan setelah Tol Joker dan Tol sumo beroperasi, diperkirakan hanya dikisaran 15 persen.

Gaguk Try Prasetyo, Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto mengatakan, potensi kemacetan masih bakal terjadi di simpang lima Kenanten, karena merupakan pertemuan dari berbagai penjuru. “Simpang Lima kenanten masih sangat berpotensi macet, dengan beroperasinya jalan tol pengurangannya tidak signifikan hanya dikisaran 15 persen.” Ungkapnya.

Analisa Dinas Perhubungan ini didasari dari kebutuhan pengguna jalan yang melintas di simpang lima kenanten, baik yang menuju arah timur dan sebaliknya, seperti daerah Pasuruhan dan Malang serta masyarakat yang menuju wisata di Mojokerto.

Baca Juga :  Tarif Tol Jombang - Mojokerto 46 Ribu

“Jalan By Pass ini masih kritis dan rawan macet, karena jalan ini juga sebagai akses menuju tol sumo, jadi masih butuh solusi peningkatan jalan, khususnya di simpang lima kenanten.” Tambahnya.

Gaguk juga mengatakan, beroperasinya tol sumo ini juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar lebih banyak yang memilih lewat jalur tol sehingga mengurangi kemacetan di jalan nasional, “Karena masih baru, otomatis perlu disosialisasikan khusunya beberapa akses menuju tol Surabaya-Mojokerto.” Pungkasnya.

Sementara mengenai persiapan pengamanan libur Natal dan tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan Kota Mojokerto sudah sudah menyiapkan personil untuk piket menyatu di pos pantau dan beberapa personil lainnya piket di ruang kendali ATCS yang memantau lalu lintas melalui CCTV.(sma)