Cegah Rem Blong, Proyek Jalur Penyelamat Cangar – Pacet Dikebut

antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong

Jumlah kecelakaan lalu lintas di jalur Cangar – Pacet akibat rem blong terus mengalami peningkatan, bahkan dalam liburan akhir tahun lalu, tercatat sedikitnya ada 16 kali kejadian, dan hampir tiap Minggu selalu memakan korban jiwa.

Polres Mojokerto berupaya melakukan langkah pencegahan dengan mempercepat pembangunan jalur penyelamat di turunan curam Gotean, Pacet, lokasi rawan kecekakaan akibat rem blong

AKBP Leonardus Simarmata Kapolres Mojokerto saat meninjau lokasi bersama Dinas PUPR dan Dishub mengatakan, hingga saat ini proyek jalur penyelamat di Gotean, Pacet sudah mencapai 70 persen, dan dalam waktu dekat akan segera digunakan.

“Harapannya dalam waktu dekat bisa segera digunakan, untuk menekan angka kecelakaan akibat rem blong, karena di jalur ini sering terjadi kendaraan masuk jurang dan menyebabkan korban jiwa.” Ungkapnya.

Dijalur penyelamat ini, kendaraan yang mengalami rem blong akan diarahkan masuk jalur penyelamat berupa tanjakan, sehingga mengurangi kecepatan hingga menabrak pembatas yang sudah disiapkan.

Baca Juga :  Gaji Naik 11 Juta, DPRD Kota Mojokerto Terima 70 jutaan

Kapolres juga mengatakan, Selain jalur penyelamat, pihaknya juga membangun Taman Lalu Lintas berbasis IT, yang berada di samping terminal pungging, fungsinya sebagai taman edukasi bagi anak anak dan pelajar untuk belajar rambu dan menerapkannya.

“Taman IT ini untuk edukasi anak-anak agar sadar lalu lintas sejak dini, nanti disiapkan semacam game online lalu lintas yang akan bisa dinikmati secara gratis bagi masyarakat, saat ini proyek pembangunannya sudah mencapai 90 persen.” Pungkas Kapolres.(fam/eky/udi)