Bupati Mojokerto Resmikan Puskesmas senilai Rp 30 miliar

Puskemas Gondang jadi Rujukan Penyakit Jiwa

Pemkab Mojokerto meresmikan tiga puskesmas yang selesai dibangun akhir tahun lalu dengan anggaran mencapai Rp 30 miliar, meliputi Puskesmas Jatirejo, Puskesmas Dlanggu dan Puskesmas Gondang.

Peresmian tiga puskesmas ini dilaksanakan Rabu hari ini (17/01) dan dipusatkan di Puskesmas Gondang yang di klaim sebagai Puskesmas terbesar di Jawa Timur.

Didik Khusnul Yakin, kepala Dinas kesehatan Kota Mojokerto mengatakan, pembangunan Puskesmas Gondang menelan biaya terbesar yang mencapai Rp 12 miliar, “Puskesmas ini dibangun dua lantai dan terbesar di Jawa Timur bahkan se Indonesia, ini sangat cocok menjadi rumah sakit tipe D,” ungkapnya.

Didik juga mengatakan, untuk sementara puskesmas ini hanya melayani rawat jalan tapi dalam waktu dekat akan diizinkan untuk melayani rawat inap, “daya tampung rawat inap ya mencapai 40-50 tempat tidur, tapi masih menunggu proses perizinan selesai,” tambahnya.

Baca Juga :  Puskesmas Rujukan "Orang Gila" di Mojokerto Segera Dibuka

Hal lain yang menjadi unggulan Puskesmas Gondang diantaranya mempunyai spesialisasi layanan kesehatan jiwa yang didukung psikolog dan psikiater, “dengan spesialisasi ini, selain melayani pasien umum Puskesmas Gondang juga akan dijadikan rujukan layanan penyakit kejiwaan,” pungkasnya.

Sementara Mustofa Kamal Pasa (MKP), Bupati Mojokerto mentarget tahun 2019 seluruh puskesmas akan selesai dibangun standar kualitas yang baik dan meminta semua tenaga kesehatan selalu meningkatkan pelayanannya.

“Tahun 2019 semua bangunan puskesmas dan pelayanannya harus sudah bagus serta targetnya semua puskesmas harus terakreditasi,” kata Bupati MKP.

Sekedar informasi, dari 27 puskesmas di kabupaten Mojokerto 11 puskesmas diantaranya sudah terakreditasi, sedangkan sisanya akan diajukan akreditasinya pada tahun ini 10 puskesmas sisanya diajukan pada tahun 2019.(sma/ADV)