Hutan Terbakar, Pendaki Dilarang ke Puncak Penanggungan

Kebakaran Hutan di Mojokerto

Kebakaran hutan yang dikabarkan terjadi di jalur pendakian sisi timur gunung Penanggungan berpotensi menjalar ke wilayah Mojokerto. Demi keamanan, pendaki hanya boleh naik hingga puncak Bayangan yang lokasinya 500 meter dari puncak Penanggungan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Kebakaran hutan ini terjadi mulai Minggu (21/1) malam, lokasinya berada di sekitar gunung Pawitra, sisi timur penanggungan yang masuk wilayah Pasuruan.

Khoirul Anam, Sekretaris Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari Desa Tamiajeng, Trawas, Mojokerto mengatakan, meski titik kebakaran terjadi di sisi timur, tapi pihaknya tetap bersiaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  21 Kali Kebakaran di Mojokerto, diduga ada yang Sengaja

“Untuk sementara pendakian ke puncak kita tutup hingga batas waktu yang belum ditentukan, kalau semua sudah aman nanti kita buka lagi,” ujarnya.

Sementara mengenai faktor penyebab kebakaran hutan di Penanggungan ini masih ditelusuri pihak perhutani, “perhutani sudah naik, kita siaga di pos pendakian Tamiajeng, tapi yang jelas kemungkinannya bukan faktor alam karena sekarang musim hujan,” tambahnya.

AKP Gatot Wiyono, Kapolsek Trawas ketika dikonfirmasi menegaskan, kebakar hutan terjadi di sisi timur, titik kebakarannya masuk wilayah Prigen Pasuruhan, “sejauh ini situasi masih kondusif dan tidak ada masalah di pendakian,” pungkasnya.(fam/udi)