Guru SMA/SMK di Mojokerto Harus Siap Dimutasi Ke Luar Daerah

Penataan Guru SMA/SMK di Jatim

Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur akan melakukan penataan guru SMA/SMK di 38 Kabupaten dan Kota di Jatim. Penataan guru ini didasarkan asas kebutuhan sekolah.

Mariyono Kepala Upt Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto mengatakan, semua guru dan tenaga kependidikan (GTK) harus siap ditempatkan dimanapun baik antar jenjang maupun lintas wilayah.

“Jadi, mereka tidak bisa mengajukan mutasi ke sekolah yang ada di dekat rumahnya, tapi akan disesuaikan dengan sekolah yang benar-benar membutuhkan,” ungkapnya.

Maryono juga mengatakan, rotasi penataan guru ditingkat SMA/SMK secara menyeluruh di Jatim ini sekaligus untuk menganalisa kekurangan guru disetiap daerah secara merata. “Dispendik sudah mengajukan tambahan CPNS, tapi Kemenpan merekomendasi agar mengoptimalisasi PNS yang ada,” terangnya.

Baca Juga :  Semua PNS di Sekolah Swasta Mojokerto Bakal Ditarik ke Negeri

Rencana pemerataan guru dan tenaga kependidikan ini masih dalam tahap pendataan, semua cabang dinas diminta mendata GTK PNS. “Setelah pendataan nanti setiap sekolah akan diberi akun A-GTK untuk menginput data GTK di masing-masing sekolah, kalau kelebihan guru mapel akan diminta mengajukan mutasi,” pungkasnya.(sma)