Eksotisme Trowulan Mojokerto Dipamerkan di Konferensi Wisata Dunia

Angkat Gagasan Trowulan Masa Depan

Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, salah satunya adalah Mojokerto merasa bangga bisa tampil di ajang konferensi pariwisata bergengsi di Korea Selatan, yang diadakan The Tourism Science Society of Korea di Songdo Convensia, Incheon, Korea Selatan, 12-13 Februari 2018.

Mereka adalah Nisrina Arofahtus (21) mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Eka Dewi Pratiwi (19) mahasiswa Fakultas Farmasi dan Samara Rahma Dania (20) mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Tiga mahasiswa ini berhasil lolos ke ajang bergengsi berkat makalahnya yang berjudul “Tour of Trowulan History (TROLLS): Historical Education Tour as a Solution to Increase Regional Potential of Trowulan”.

Dalam makalah tersebut menceritakan kawasan Trowulan yang kaya akan budaya peninggalan kerajaan Mojopahit sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata, mulai dari banyak candi, sejarah dan budaya masyarakatnya.

Baca Juga :  Bermain di Pinggir Kali, Balita di Jombang Tewas Terbawa Arus

Kata Nisrina, Sebenarnya, kawasan Trowulan dengan kekayaan budayanya sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata yang bisa menarik wisatawan dari berbagai daerah dan negara, hanya saja sejauh ini belum dikelola dengan baik dan menarik.

“Kalau gagasan ini bisa diimplementasikan maka dapat memberikan multiplier effect yang baik bagi perkembangan pariwisata di Mojokerto yang berimbas langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat Mojokerto, khususnya Trowulan,” ungkapnya.

Ketiga mahasiswa ini merasa terkesan bisa mempresentaskan Trowulan di Konferensi Pariwisata level internasional dan berharap Trowulan akan menjadi destinasi wisata di level internasional.(ist/sma)

Tiga mahasiswa UNAIR, bersama Ai Tashiro peneliti dari University of Tokyo