Pabrik Teh Sosro Mojokerto Didemo Ratusan Buruh

Demo buruh di Mojokerto

Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Mojokerto melakukan unjuk rasa di depan pabrik minuman teh Sosro, PT Sinar Sosro di Desa Awang-awang, Mojosari, Mojokerto. Mereka menuntut agar sembilan karyawan yang dimutasi ke luar Jawa dikembalikan ke posisi semula.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, ratusan buruh menggelar aksi demo dengan membawa spanduk yang bertuliskan empat tuntutan, diantaranya :

1. Meminta sembilan karyawan yang dimutasi dikembalikan ke posisi semula.
2. Meminta perusahaan membayar seluruh upah dan hak-hak lainnya sembilan orang selama dilarang bekerja.
3. Menghentikan intimidasi dalam bentuk apapun terhadap seluruh anggota serikat pekerja.
4. Mengangkat seluruh pekerja outsorching sebagai karyawan tetap (PKWT).

Baca Juga :  KPK diminta Jerat 22 Anggota DPRD Kota Mojokerto

Eka Herawati, Sekretaris FSPMI mengatakan, aksi unjuk rasa ini dilakukan karena ada sembilan anggota serikat FSPMI PT Sinar Sosro yang dimutasi ke Minahasa, Manado. Sementara anggota lainnya diintimidasi dan diminta membuat surat pernyataan tidak akan ikut demo.

“Kami menuntut agar mereka dikembalikan ke posisi semula, dan meminta gaji sembilan karyawan selama dua bulan, Januari dan Pebruari dibayar penuh sesuai UU ketenagakerjaan,” pungkasnya.

Para buruh juga mengancam, kalau tuntutan mereka tidak dipenuhi pihak perusahaan, serikat buruh ini akan menggelar aksi unjuk rasa dan mogok kerja selama 10 hari.(fam/udi)