Banyak Pelatihan Kerja Gratis di Mojokerto, Warga Diminta Pro Aktif

mulai pelatihan menjahit hingga magang ke jepang

Pemerintah menyiapkan banyak program untuk mengurangi angka pengangguran, diantaranya melalui pelatihan kerja gratis yang dilaksanakan Dinas Sosial, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskoumnaker) maupun Balai Latihan Kerja (BLK). Untuk mengetahui informasi berbagai kegiatan ini secara otomatis masyarakat harus pro aktif mencari informasi.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Diskoumnaker Kota Mojokerto tahun 2018 mempunyai program pelatihan keterampilan berbagai jenis, seperti service HP dan pelatihan komputer. “Pelatihan ini khusus warga Kota Mojokerto, kita sudah melakukan seleksi,” ungkap Hariyanto, Kepala Diskoumnaker Kota Mojoketo.

Kata Hariyanto, yang sekarang sedang dibuka diantaranya program pemagangan ke Jepang yang gajinya mencapai Rp 30 juta lebih per bulan. “Ini juga bisa dimanfaatkan warga Kota Mojokerto,” tambahnya.

Baca Juga :  53 Koperasi di Mojokerto Izinnya Dicabut

Sementara program di UPT Pelatihan Kerja Mojokerto atau yang lebih dikenal Balai Latihan kerja (BLK) tahun 2018 ini ada 13 paket pelatihan gratis mulai dari teknik bordir, menjahit, las industri, servis motor, komouter, Instalasi dan beragam kegiatan pelatihan gratis.

Ivan Yudianto, Kepala Kantor Pelatihan Mojokerto mengatakan, ada 208 peserta hasil seleksi yang dilatih oleh instruktur selama 30 – 40 hari, “harapannya nanti setelah lulus dari BLK mereka lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, dan kalau ada perusahaan yang berminat nanti akan kita follow up,” pungkasnya.(sma)