Jelang Nyepi, Umat Hindu di Mojokerto Siap Rayakan Tawur Agung

Puncak Tawur : Jum'at 16 Maret 2018

Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 yang tinggal dua hari, umat Hindu di Mojokerto mulai sibuk menyiapkan Tawur Agung dengan membuat ogoh-ogoh (patung Budha Kala) yang akan dipawaikan di Stadion Gajah Mada Mojosari, Mojokerto.

Dari pantauan suaramojokerto.com, Di Pura Sasana Bhina Yoga, Dusun Sumber Rejo, Desa Sumbertanggul, Mojosari tampak sejumlah umat hindu gotong royong mempersiapkan Ogoh Ogoh yang akan dipakai diacara tawur agung Jumat (16/03) di Stadion Gajah Mada.

Katiran Yudianto, Pemangku Pura Sasana Bhina Yoga mengatakan, dua Patung berukuran dua hingga empat meter itu dibentuk dari tokoh cerita Ramayana. Yakni Rahwana dan Anoman yang menggambarkan sifat baik dan buruk.

Baca Juga :  Imlek 2569, Banyak Peluang di Tahun Anjing Bumi 2018, ini Kata Suhu

“Nanti ada tiga ogoh-ogoh (patung raksasa) dalam tawur agung, dan diikuti 600 umat Hindu se-Kabupaten dan Kota Mojokerto yang puncaknya di stadion gajah Mada,” ungkapnya.

Kata Katiran, saat Tawur Agung, ogoh-ogoh akan diarak dan ditandu oleh belasan orang. “Setelah dipakai acara tawur agung tadion, sore harinya akan kita arak di sekitar Desa Sumbertanggul,” pungkasnya.(dan/udi)