Bantuan Pendidikan Bagi Ribuan Siswa Miskin di Mojokerto Macet

Terkendala Proses di Bank

Ribuan siswa SD dan SMP di kabupaten Mojokerto yang menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) belum bisa mencairkan dananya yang seharusnya sudah disalurkan.

Data yang dihimpun suaramojokerto.com, sebanyak 5.636 siswa SD dan 5.134 siswa SMP belum bisa mencairkan dana PIP, padahal Dinas pendidikan sudah mengajukan ke pihak Bank.

Sumarsono, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengatakan, total penerima dana PIP untuk SD sebanyak 22.565 siswa, tapi yang belum cair mencapai 5.636 siswa.

“Siswa yang belum mencairkan cukup banyak mulai dari Siwa kelas 1 hingga kelas 6 mencapai 5.636, sebenarnya kami sudah mengusulkan tapi belum di proses,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pelajar Cewek yang Duel di Mojokerto Terancam di-DO

Sementara jumlah penerima PIP untuk siswa SMP mencapai 12.341, yang sudah mencairkan sebanyak 7.207 dan yang belum bisa mencairkan mencapai 5.134 siswa.

Kata Sumarsono, pencairan dana PIP ini bisa melalui buku rekening atau buku simpanan pelajar (simpel). Untuk siswa SD kelas 1 dan kelas 6 hanya mendapat separoh bantuan, yakni Rp 225 ribu, sedangkan kelas 2-5 mendapat penuh Rp 450 ribu.(sma)