Presiden Sebut Penurunan Tarif Jalan Tol Bisa 20-30 Persen

Janji Minggu depan siap diteken

Penurunan tarif jalan tol rencananya akan dilakukan minggu depan, Presiden Jokowi menyatakan saat ini masih dihitung oleh tim Kementrian PUPR, BUMN, Perhubungan dan pengelola jalan tol.

“Saya sudah minta Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan BUMN agar tarif tol yang berhubungan dengan transportasi logistik dan transportasi barang, bisa diturunkan sebanyak-banyaknya,” Tegas Prasiden Jokowi di Kantor Sekneg, Jakarta.

Kata Jokowi, penurunan tarif tol bisa lebih dari 10 persen, dan kalau angkanya sudah ditetapkan kementerian PUPR akan segera diteken. “Penurunannya bisa 20 sampai 30 persen, ini masih dihitung-hitung.” tambahnya.

Baca Juga :  Mudik Lebaran, Tarif Jalan Tol di Diskon 10% Termasuk tol Mojokerto

Jokowi juga mengatakan, akhir bulan ini diperkirakan penurunan tarif tol sudah selesai dan akan segera ditandatangani.

Sementara mengenai skema kenaikannya, kementerian PUPr sudah menyiapkan beberapa skema, seperti perpanjangan masa konsesi, penyederhanaan golongan dan Dispensasi atau pembebasan pajak atau tax allowance dan tax holliday.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR mengatakan, rencana penurunan tarif tol ini sudah matang, setelah ditanda tangani presiden akan diberlakukan secara bertahap.(rid/sma)