Diarak 3 Km, Suguhkan Drama Penyalipan Yesus di Mojokerto

peringatan hari paskah di Mojokerto

Memperingati Hari Paskah atau wafatnya Isa Almasih, ratusan umat Kristiani jemaat Gereja Jawi Wetan Pasamuwan, Dawarblandong Mojokerto, mengelar trandisi jalan salib.

Dari pantauan suaramojokerto.com, acara yang di gelar Jumat pagi (30/03) ini, di mulai dari rumah salah satu jemaat hingga berjalan sejauh tiga kilometer, dengan mengarak seseorang yang memerankan sebagai Yesus Kristus lengkap dengan salibnya.

Ratusan umat Kristiani, mulai dari pendeta hingga prajurit yang membawa Yesus dan bunda maria terlihat mengunakan baju adat Jawa, sebagai bentuk pengenalan tradisi Jawa kepada para jemaat khusunya kaum muda.

Baca Juga :  Jelang Nyepi, Umat Hindu di Mojokerto Siap Rayakan Tawur Agung

“Kegiatan ini untuk mengingatkan kepada semua umat tentang perjuangan dan pengorbanan Yesus Kristus dalam menyelamatkan umatnya, dan sengaja kita menggunakan pakaian adat Jawa untuk melestarikan tradisi Jawa kepada seluruh umat,” ungkap Joned Sudarmoko, Pendeta Gereja Jawi Wetan Pasamuwan.

Belasan jemaat yang dominasi anak muda ini, memperagakan prosesi bagaimana perjuangan Yesus meyakinkan jemaatnya, hingga ditangkap oleh pasukan dan disalib.(fam/udi)