Setahun, Harta Bupati Mojokerto Naik Berlipat-lipat, ini Rinciannya

Data LHKPN 2016 Mencapai Rp 16,9 Miliar

Harta kekayaan Mustofa Kamal Pasa (MKP) Bupati Mojokerto mengalami kenaikan yang sangat signifikan, yakni tiga kali lipat hanya dalam satu tahun.

Daya yang dihimpun suaramojokerto.com dari data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), harta kekayaan MKP di tahun 2014 tercatat sebanyak Rp 5,4 miliar, berupa tanah dan bangunan, Mobil mewah, logam mulia dan Giro.

Sementara di tahun 2015, MKP melaporkan harta kekayaannya naik menjadi Rp 16,9 miliar atau naik lebih dari tiga kali lipat. Dalam data LHKPN tercatat, kenaikan harta kekayaan MKP sebagian besar disebabkan bertambahnya bidang tanah dari 2 bidang menjadi 31 bidang yang totalnya mencapai Rp 8,8 miliar serta harta berupa giro yang naik menjadi Rp. 5,5 miliar.

Baca Juga :  Apartemen Warga Miskin di Kota Mojokerto Mulai Dibangun

Bertambahnya 29 bidang tanah milik MKP ini menjadi perhatian tersendiri bagi KPK, karena luasnya rata-rata antara 3000m2 hingga 9000m2 dan tersebar diberbagai daerah. Di Mojokerto 15 lokasi, di Jombang 5 lokasi, di Pati Jawa Tengah 4 lokasi dan di Batu 4 lokasi.

Sebelumnya, Bupati Mojokerto MKP ditetapkan KPK sebagai dalam kasus gratifikasi pendirian tower dan fee proyek yang terjadi pada tahun 2015. MKP diduga menerima uang gratifikasi sebesar Rp 6,4 miliar. Selain MKP Bupati Mojokerto, KPK juga menetapkan 4 tersangka lainnya.(sma)