Mudik Lebaran, Tarif Jalan Tol di Diskon 10% Termasuk tol Mojokerto

persiapan mudik lebaran

Ada kabar gembira bagi pengguna jalan tol khusus yang mudik lebaran nanti, karena pemerintah bakal memberlakukan diskon 10% tarif jalan tol di semua ruas, termasuk ruas tol Surabaya – Mojokerto (Sumo) dan Jombang – Mojokerto (Jomo).

Informasi yang dihimpun suramojokerto.com, surat keputusan terkait diskon tarif tol ini dalam waktu dekat akan segera dikeluarkan oleh kementerian PUPR yang saat ini masih menyelesaikan kajiannya.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan bahwa diskon tarif akan diberikan setelah kajian selesai. Kajian ini meliputi mulai kapan diskon diberlakukan dan tujuan diskon tersebut.

Kata Basuki, rencananya, diskon tarif tol 10% akan berlaku di seluruh ruas jalan tol baik Trans Jawa, non Trans Jawa hingga ruas Jabodetabek. “Minggu depan Surat Keputusannya akan selesai,” katanya.

Sementara data yang dihimpun suaramojokerto.com, apabila diskon 10% tarif tol sudah diberlakukan, maka tarif tol Surabaya-Mojokertodi Rp 32.400, sedangkan tarif tol Jombang – Mojokerto (Jomo) akan menjadi Rp 41.400, atau secara terintegrasi dari Surabaya hingga gate bandar Kedungmulyo Jombang yang semula tarifnya sebesar Rp 82.000 akan turun menjadi Rp 73.800.

Sementara perhitungan tarif Tol dari Jakarta hinga Surabaya, pemudik bisa menyiapkan saldo pada uang elektronik sebesar Rp 351.500. kalau didiskon bertani tinggal sekitar Rp 316 ribuan. Tarif ini lebih murah karena banyak ruas tol yang masih gratis.

Baca Juga :  Fortuner Terguling di Tol Jombang - Mojokerto, 3 Korban Terluka

Berikut perhitungan dan tol yang harus dilalui dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Jalan Tol Surabaya-Gempol. Menurut Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero).
– Tol Jakarta-Cikampek Rp 15.000
– Tol Cikampek-Palimanan Rp 102.000
– Tol Palimanan-Kanci Rp 12.000
– Tol Kanci-Pejagan Rp 24.000
– Tol Pejagan-Pemalang (sampai Brebes Timur) Rp 20.000
– Tol Pejagan-Pemalang Seksi Brebes Timur-Pemalang tunggu uji laik fungsi (tanpa tarif)
– Tol Pemalang-Batang fungsional tanpa tarif
– Tol Batang-Semarang fungsional tanpa tarif
– Tol Semarang ABC Rp 5.000
– Tol Semarang-Solo (sampai Salatiga) Rp 32.000
– Tol Salatiga-Solo (Kartasura) fungsional tanpa tarif
– Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Sragen tunggu uji laik fungsi (tanpa tarif)
– Tol Ngawi-Kertosono Rp 52.000
– Tol Wilangan-Kertosono fungsional tanpa tarif
– Tol Kertosono-Mojokerto Rp 46.000
– Tol Mojokerto-Surabaya Rp 36.000
– Tol Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol Rp 7.500
Sehingga total mencapai Rp 351.500, sebelum pemberlakuan diskon 10% saat mudik lebaran.(rid/sma)