SDM sebagai Penguat Pondasi Era Digital

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018

Penekanan pada butir ke-lima Nawacita yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, tahun ini mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Jokowi. Tahun 2019 pemerintah akan meningkatkan pembangunan SDM dan melanjutkan percepatan pembangunan infratstruktur yang menjadi fokus di tahun-tahun sebelumnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Herry Suwito, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018, Senin (21/5) pagi. “Presiden Jokowi melalui amanatnya menyatakan bahwa tahun 2019, Pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan SDM nya,” kutipnya.

Baca Juga :  Pemkab Mojokerto Bakal Rekrut 1000 CPNS Minimal IPK 3.00

Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018 yang mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia dalam Era Digital”, dikatakan juga bahwa digitalisasi membawa ancaman sekaligus berkah di saat yang sama.

“Digitalisasi dalam beberapa bidang, membawa ancaman sekaligus peluang. Menjadi ancaman apabila hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun bisa jadi berkah bila mampu menaklukkannya menjadi pemain penentu lansekap ekonomi berbasis digital dunia,” pungkasnya.(sma)