Lagi Trend, Songkok Karakter Kartun asal Mojokerto Tembus Mancanegara

Ramadhan Omset naik empat kali lipat

Bulan suci ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para perajin songkok di Desa Mangelo, Sooko, Mojokerto. Saat ini mereka kebanjiran order dan omsetnya naik hampir empat kali lipat.

Informasi yang dihinpum suaramojokerto.com, saat ini yang lagi ngetrend adalah songkok berkarakter kartun anak, seperti gambar Tayo, Shiva, Nemo dan karakter kartun lainnya. Harganya pun bervariasi, ada yang per kodi Rp 200 ribu, bahkan ada yang hingga Rp 800 ribu (40 pcs).

Ahmad Dimyati, perajin songkok asal Mengelo, Sooko mengatakan, songkok atau kopiah karakter kartun saat ini memang menjadi trend dan laris manis di pasaran. “Gambarnya macam-macam karakter kartun anak seperti Tayo, Shiva. Modelnya ada yang bordir dan ada yang cetak,” ungkap Dimyati, yang memiliki 30 karyawan ini.

Baca Juga :  Kreatif, Siswa SMK di Mojokerto Pamer PJU Kincir Angin dan Lampu Belajar Tenaga Surya

Dimyati juga mengatakan, di bulan ramadhan ini pesanan sangat overload dan dirinya harus menambah 10 hingga 20 karyawan lagi. “Kalo ramadhan selalu nambah karyawan, kita hanya mampu menyelesaikan 100 kodi per hari,” tambahnya.

Kawasan Mengelo, Sooko dikenal sebagai kawasan pengrajin, topi dan songkok. Produksi para perajin ini sudah merambah ke seluruh daerah di pulau Jawa, luar Jawa, bahkan tembus ke Malaysia.(sma)