Prestasi WTP, Kado 100 Tahun Kota Mojokerto

BPPKA Ajak Semua OPD Pertahankan Prestasi

Agung Moeljono, Kepala BPPKA Kota Mojokerto

Kota Mojokerto berhasil meraih penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam kurun waktu empat tahun berturut-turut. Tahun ini, merupakan kado istimewa untuk Kota Mojokerto yang genap berusia 100 tahun.

Mempertahankan WTP dalam empat tahun terakhir ternyata tak semudah membalik tangan, karena indikator penilaian yang distandarkan BPK terus ditingkatkan, sehingga berbagai strategi dilakukan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPPKA) Kota Mojokerto.

Agung Moeljono, Kepala BPPKA Kota Mojokerto mengungkapkan, setidaknya ada tujuh upaya agar predikat WTP berhasil dipertahankan selama empat tahun sejak tahun 2014 lalu. ’’Pertama, ini karena komitmen bersama seluruh OPD atas pelaksanaan pengelolaan keuangan secara tepat sesuai dengan aturan yang berlaku,’’ ujarnya.

Kata Agung, komitmen bersama atas pelaksanaan pengelolaan keuangan ini terjalin dengan baik, mulai dari perencanaan dan penganggaran yang sesuai kebutuhan. ’’Kami selalu mereview dan merekomendasi secara berkala atas laporan keuangan organisasi perangkat daerah,’’ tambahnya.

Baca Juga :  2,5 M Untuk Atasi Kekumuhan Pasar Loak Mojokerto

Hal terpenting lainnya adalah menyelenggarakan SOP terkait penyusunan dan penyampaian laporan keuangan daerah (LKD) dengan mengikuti perubahan aturan main terkait pengelolaan keuangan dan penyusunan laporannya. ’’Update aturan yang berlaku ini benar-benar harus dilaksanakan,’’ ujarnya.

Agung juga menyampaikan pentingnya pengelolaan aset yang tersistem dan sesuai aturan, koordinasi dan kerjasama yang baik antar instansi dan seluruh pihak yang terkait dengan pengelolaan keuangan. “Kerjasama antar instansi ini sangat penting, ditambah lagi perlu ada reward dan punishment, jadi kalau ada keterlambatan pelaporan keuangan OPD ada konsekwensinya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pekan lalu, Pemkot Mojokerto kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang diterima langsung oleh Suyitno Wakil Walikota Mojokerto.(sma/ADV)