Bintang Akbar, Atlet Volly Pantai asal Mojokerto Masuk Peringkat Lima Dunia

Pemkot Mojokerto beri Penghargaan dan Uang Pembinaan

Prestasi yang diraih Bintang Akbar (17) pemuda asal Mojokerto ini benar-benar luar biasa. Di usianya yang masih belia, siswa kelas 3 IPS SMAN Olahraga (SMANOR) ini berhasil meraih juara satu volly pantai tingkat Asia di Thailand, dalam ajang Asian U-19 Beach Volleyball Championship.

Bahkan, Bintang Akbar yang berpasangan dengan Danang Herlambang juga mengikuti ajang volly pantai tingkat dunia yang digelar di Nanjing, China pada 14 Juli lalu dan berhasil meraih peringkat 5 dunia.

Kepada suaramojokerto.com, Bintang menceritakan awal karirnya bermula ketika berhasil menjadi juara di ajang O2SN antar SMP Tingkat Nasional di Makassar, Popnas XIV di Jateng dan Juara Kejurnas Volly Pantai di Bandung menjadi juara 1.

“Dari kejurnas itulah akhirnya mewakili Indonesia mengikuti Asian U-19 Beach Volleyball Championship, dan Alhamdulillah berhasil meraih juara 1 setelah mengalahkan tim tuan rumah, Thailand,” ungkapnya.

Untuk menjadi juara, perjuangan bintang tidaklah mudah karena saat menjalani training camp (TC) dirinya harus berlatih tiap hari dalam waktu yang cukup lama. “Selama TC tiap hari latihan, pagi mulai pukul 07:00 – 11:00 WIB, dilanjutkan sore mulai pukul 15:00 WIb sampai habis Isyak,” terangnya.

Namun, semua upaya yang dilakukan akhirnya membuat bintang merasa bangga dan menangis haru ketika menjadi juara dan lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan di ajang Asian U-19 Beach Volleyball Championship. “Perasaan waktu itu bangga banget, terharu sampai menangis, yang jelas bangga bisa membawa nama bangsa Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Hasil USBN SD di Mojokerto Diumumkan, Inilho Data Prestasinya

Kemenangan Bintang Akbar bersama Danang Herlambang di ajang Volly Pantai Asia U-19 harus tetap dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Karena dalam waktu dekat pasangan pemain Volly Pantai siswa SMANOR ini akan berlaga di Argentina untuk memperebutkan kejuaraan tingkat dunia.

Di sela-sela waktu istirahatnya di Mojokerto, Bintang Akbar juga diundang oleh Pemkot Mojokerto untuk diberi penghargaan dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Harlistyati, Sekda Kota Mojokerto.(sma)

BINTANG AKBAR
Lahir di Mojokerto, 5 Maret 2001
Alamat : Jalan Sekar Abang RT.1 RW. 2 Lingkungan Randegan, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto

Pendidikan :
– TK. RA. Muslimat NU Lulus tahun 2006/2007.
– Madrasah Ibidaiyah Darul Huda Kedundung Lulus 2013
– SMPN 5 Kota Mojokerto 2016 – Masih Kelas XII SMANOR Sidoarjo.

PRESTASI :
– Juara II O2SN antar Pelajar SMP Tingkat Nasional di Makasar, Sulsel 2015.
– Kejuaraan Nasional Yunior Voli Pantai 2017 di Jabar 2017
– POPNAS XIV Jateng 2017
– Kejuaraan Liga Remaja Bola Voli Regional Jawa Timur dari tahun 2015-2017.
– Juara I, Asian U19 Beach Volleyball Championship di Nakhon Pathom, Thailand 2018.
– Rengking 5 Besar Dunia (Kejuaraan FIVB Beach Volleyball U19 World Championships Nanjing, China) tahun 2018.