Seru, Ada 100 Rumah Unik di Mojokerto Dilombakan Dalam HUT RI ke 73

Ada Sesaji dan Penghuni

Berbagai cara kreatif warga bermunculan dalam merayakan kegiatan peringatan HUT RI ke 73. Salah satunya, dilakukan warga Dusun Brongkol, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Mojokerto yang menggelar lomba rumah unik.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, rumah-rumah unik yang dilombakan ini dibangun dihalaman rumah warga dengan bahan seadanya. Seperti kardus bekas, kain juga ada yang memakai anyaman bambu. Sebagian mendesain rumah uniknya dengan model kuno sebagian lainnya mengkonsep rumah adat yang kekinian.

Rumah-rumah unik ini berjajar di jalan kampung, dengan kondisi gelap yang memang disengaja, agar lampu-lampu hias di masing-masing rumah unik lebih terlihat dan menjadi fokus perhatian masyarakat yang melintas.

Sebagian rumah unik ini juga ada penghuninya dan menjadi tempat cangkrukan warga lengkap dengan sajian hidangan khas jaman kuno. “Hampir 100 rumah unik yang dibuat warga. Dan ini kami lombakan,” terang Yunus Efendi, pemuda setempat yang juga sebagai ketua panitia peringatan kemerdekaan.

Kata Yunus, warga sangat antusias dengan lomba ini bahkan rela mengeluarkan dana yang lumayan besar untuk membangun rumah unik ini, meskipun beberapa warga membuat dari bahan-bahan bekas. “Ini yang pertama kalinya, warga sangat antusias bahkan ada yang melengkapi rumah uniknya dengan taman, tahun depan kita akan tingkatkan lagi,” terangnya.

Rumah unik ini dilombakan hingga 17 Agustus 2018 sebagai hari puncak peringatan kemerdekaan yang juga disertai lomba-lo.ba tradisional. Seperti panjat pinang, lari dalam karung, dan lainnya. Selanjutnya, diserahkan kepada warga sendiri apakah akan dibongkar langsung atau menunggu akhir bulan peringatan kemerdekaan.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :