Rampas Motor dan Uang Tunai, Tukang Gendam asal Mojokerto Diringkus

Ngaku Warga Sidoarjo

Aksi gendam lagi-lagi terjadi di Mojokerto. Kali ini korbannya Jainul Muklason, warga Pacet Mojokerto harus kehilangan motor dan sejumlah uang tunai. Namun untung saja, tukang gendam yang mengaku warga Sidoarjo ini berhasil diringkus polisi.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, aksi gendam ini terjadi Senin sore (10/09). Pelaku yang diketahui bernama Abdul Qodir Zaelani (48), warga Kelurahan Suronatan, Magersari, Kota Mojokerto mendatangi korban dan menyatakan akan membeli sawah milik korban, dan korban pun langsung percaya begitu saja.

Kassubag Humas Polres Mojokerto, AKP Zainal Abidin mengatakan, saat melakukan aksinya pelaku menyamar, mengaku bernama Iwan asal Sepanjang, Sidoarjo. Dan untuk meyakinkan korbannya, pelaku meminta anak buahnya untuk mengukur tanah yang akan dibeli.

Kata Zainal, setelah aksinya mengelabuhi korban berjalan lancar, pelaku meminjam sepeda motor korban dengan alasan membelikan rokok. “Pura-pura ya pinjam motor, tapi tidak kembali,” ungkapnya.

Baca Juga :  Residivis, Spesialis Pembobol Bengkel di Mojokerto Diringkus

Korban baru sadar kalau tertipu setelah lama menunggu motornya tidak kembali, dan orang suruhannya pun tidak tahu kemana. Akhirnya kasus ini dilaporkan ke pihak kepolisian.

Seelah mendapat laporan warga, polisi langsung melalukan pengejaran dan pelaku berhasil diringkus bersama beberapa barang bukti. “Barang buktinya sebuah HP, sepeda motor Honda Scoopy nopol S 2574 NM dan STNKnya, uang Rp200 ribu, jaket, dan sepatu,” kata AKP Zainal Abidin.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka diamankan di sel tahanan untuk proses hukum lebih lanjut dan dijerat pasal 378, dan atau pasal 372 KUHP Tentang Pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara.(fam/udi)