Ingin Cepat Hamil ? Berjemur Aja Di Bawah Sinar Matahari, Ini Kata Dokter

Cegah Mens Teratur Dan Bayi Prematur

Banyak diantara kita terutama para wanita yang sangat menghindari sinar matahari dengan alasan takut kulit jadi gosong dan merusak penampilan. Padahal, sinar matahari ternyata membantu pembentukan vitamin D yang baik untuk sistem reproduksi.

Dokter ahli kandungan, dr Andon Hestiantoro, Sp.OG(K) saat diskusi Hari Kontrasepsi Sedunia yang digelar Selasa (25/09) mengatakan, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan infertilitas atau susah hamil pada perempuan.

“Sudah banyak perempuan yang mengalami infertilitas atau tidak subur itu karena kekurangan vitamin D. Mereka takut sama sinar matahari, ngga mau kulitnya jadi hitam,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Bedanya, Lebam Karena Operasi Plastik, Perawatan, Atau Pukulan

Tidak hanya itu, dr Andon juga menjelaskan, kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, dan pada ibu hamil dapat menyebabkan risiko prematur pada janin. “Kalau ingin cepat hamil sebaiknya jangan pakai suplemen, cukup berjemur saja lima menit setiap hari udah cukup untuk mendapatkan vitamin D bagi tubuh,” tegas dr Andon.(tim/sma)