Kisah Horor dan Viral..!! Wanita Tertular HIV Usai Facial, Apa Kata Dokter?

Diduga Peralatan Kurang Steril

Cerita seorang wanita muda yang mengaku tertular HIV setelah melakukan facial di sebuah salon kecantikan tiba-tiba menjadi viral setelah diunggah dan dibagikan oleh seorang influencer di Instagram Story, lalu dibagikan kembali oleh seorang pengguna Twitter.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, kisah perempuan muda ini pun menjadi kisah yang horor di dunia maya dan diperbincangkan di dunia nyata, Warganet pun resah dan bertanya-tanya, Benarkan facial bisa menularkan HIV ?

Menanggapi hal ini, Dokter Spesialis kulit dan Kelamin yang sudah meraih penghargaan dan diakui secara nasional. DR Dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV dari klinik DNI SKIN CENTRE Denpasar mengatakan, kalau facial dikerjakan dengan standar medis yang benar dan oleh dokter yang kompeten, pada umumnya kecil kemungkinannya dapat menularkan HIV.

“Namun apabila penanganan yang salah, misalnya jarum atau alat komedo ekstraktor yang masih mengandung sisa darah langsung digunakan pada pasien berikutnya pada bagian yang mengalami luka, akan dapat memasukkan virus ke tubuhnya,” Kata dr Darma.

Baca Juga :  Temuan Baru, 49 Warga Mojokerto Positif HIV/AIDS

Namun, dr Darma juga mengatakan, kejadian penularan HIV melalui facial jarang terjadi. Karena penularan virus ini tergantung dari viral load atau jumlah virus dalam darah pasien yang sebelumnya, serta banyak faktor-faktor lain yang dapat menghambat perpindahan virus.

HIV, pada umumnya menular melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. Oleh karena itu sang influencer yang mengaku tertular HIV saat facial ini juga ikut menanggapi lewat diskusi dengan sejumlah dokter.

Ia menyimpulkan, bahwa kemungkinan tertular disebabkan oleh lokasi perawatan facial wanita tersebut kurang steril.(tim/sma)