Layanan Pengurusan Akta Kelahiran Via WA di Mojokerto Laris Manis

Dispendukcapil Gandeng Bidan Puskesmas dan Rumah Sakit

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto ingin memberikan layanan prima bagi masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk). Diantaranya, program penerbitan akta kelahiran melalui aplikasi WhatsApp (WA) yang kini laris manis.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, program yang sudah berlangsung sejak tahun lalu ini sangat membantu masyarakat. Karena bayi yang mereka lahirkan langsung akan diberi akta kelahiran di hari itu juga plus perubahan kartu keluarganya (KK).

Bambang Eko Wahyudi, Kepala Dispendukcapil mengatakan, dalam satu bulan Dispenduk rata-rata menerbitkan 800 akta kelahiran melalui program penerbitan akta kelahiran melalui aplikasi WhatsApp (WA) ini.

“Kami sudah kerjasama dengan semua bidan puskesmas dan beberapa rumah sakit, jadi kalau masyarakat yang melahirkan dan ingin langsung dapat akta, bidan atau petugas rumah sakit bisa mengirimkan data melalui WA,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rekam e-KTP Jangan Pakai Softlens, Dispenduk Mojokerto Stop Produksi Suket

Bambang juga mengatakan, data-data ini cukup di foto dan dikirimkan melalui WA Dispendukcapil dengan nomor 0811-3494-666. “Data itu diantaranya nama anak yang baru lahir, nama orang tua dan nomor KK. Semua bidan yang kerjasama sudah paham,” tambahnya.

Kata Bambang, program ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan Adminduk, dan semua layanan diberikan secara gratis. “Jadi, dalam rangka meningkatkan layanan, masyarakat harus diberi kemudahan tanpa harus menghilangkan prosedur yang ada.” pungkasnya.

Data yang dihimpun suaramojokerto.com, selain program penerbitan akta kelahiran melalui WA, Dispenduk juga memiliki program pelayanan penerbitan akta kematian melalui SMS Center 0811-3494-666.(sma/ADV)