Awas..!! Keramas Tiap Hari Tak Bagus Untuk Rambut, Ini Kata Ahli Perawatan

Informasi Kesehatan

Rambut adalah mahkota kita yang harus selalu kita jaga dengan melakukan perawatan rambut. Apalagi kalau rambut kita berminyak, tentu membutuhkan perawatan yang sesuai agar tidak semakin berminyak atau bahkan rusak.

Heri Kuswanto, ahli perawatan rambut dari Karastase menjelaskan, rambut berminyak disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kulit kepala mengeluarkan minyak berlebih karena ketidakseimbangan pada aktivitas kelenjar sebaceous. “Kelenjar inilah yang memproduksi sebum atau lapisan lilin minyak pada kulit,” terangnya.

Menurut Heri, rambut berminyak perlu dilakukan perawatan rambut secara khusus. Namun Hal yang penting adalah menghindari faktor penyebabnya. Seperti keramas tiap hari juga memicu rambut menjadi berminyak.

Baca Juga :  Awas..!! Ada 4 Cara Penularan HIV Paling Rentan

“Ya, banyak orang berpikir keramas tiap hari dapat mengurangi minyak di kepala. Padahal cara itu salah. Keseringan keramas, justru akan membuat rambut makin berminyak. Baiknya keramas dua hari sekali,” katanya.

Selain itu, makanan pedas, bersantan dan berminyak juga menjadi salah satu faktor penyebab banyaknya minyak pada kepala. “Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sangat cepat menambah minyak di kulit kepala,” tambahnya.

Kemudian faktor stres, juga mampu mempengaruhi aktivitas kelenjar sebaceous, sehingga menyebabkan rambut jadi berminyak.(tim/sma)