Bikin Cepat Kaya, Budidaya Tokek Pakistan di Mojokerto Laris Manis

Harga Per Ekor Mencapai Rp 2,5 juta

Berawal dari hobby, seorang pemuda di Kota Mojokerto bernama Yoseph Dio suskses merintis usaha budidaya tokek hias (leopard gecko) yang kini menghasilkan uang jutaan rupiah.

Usaha yang dirintis bersama rekan kerjanya Devy putri (26) selama empat tahun ini, sekarang sudah bisa menghasilkan uang jutaan rupiah tiap bulannya dan mempunyai banyak jenis tokek hias.

Yoseph, kepada suaramojokerto.com mrnceritakan, usaha budidaya tokek hias ini dijalankan di rumah kontrakanny di lingkungan Kemasan, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit kulon, Kota Mojokerto. “Usaha ini sudah saya lakukan sejak tahun 2015, hasilnya ternyata cukup menjanjikan,” katanya.

Yoseph, juga menceritakan, awal merintis usaha tokek hias ini hanya bermodal Rp 2,5 juta untuk 17 ekor tokek hias namun banyak yang mati, sehingga dirinya harus menanggung kerugian. Namun dirinya tidak mau putus asa, justru terslus belajar secara otodidak melalui media You Tube serta forum sesama peternak serta penghobi.

Upaya Yoseph ini akhirnya membuahkan hasil dan berkembang dari hanya 10 ekor tokek menjadi sekitar 200 ekor tokek hias yang dikenal dengan tokek Pakistan berbagai jenis dan warna warni hasil perkawinan silang. “Seekor leopard gecko atau tokek hias ini harganya Rp120 ribu sampai Rp 2,5 juta per ekor tergantung motif, warna, ukurannya dan tergantung trendnya,” paparnya.

Sementara mengenai pelanggan yang membeli tokek hias hasil budidayanya ini sebagian besar dari dari luar kota, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, luar pulau. Seperti Banjarmasin dan Medan. “Saat ini yang sedang dicari pembeli itu leopard gecko jenis line albino, bell albino, tremper albino, tangerine, dan patternless”, pungkasnya.(fam/udi)