Hacker, Pelajar SMK asal Mojokerto Ditangkap Polisi

Retas 100 Situs Pemerintah dan Umum

Ilustrasi Hacker

Seorang pelajar SMK yang diketahui bernama Jayawardhana Bayu Krisnatama Ekaputra (16) alias Mr.4lone ditangkap polisi karena melakikan defacing (mengubah tampilan depan) situs Pengadilan Negeri Unaaha, Sulawesi Tenggara. Bayu, yang diduga seorang pelajar SMK asal Mojokerto ini meretas situs tersebut melalui handphone miliknya.

Komjen Arief Sulistyanto, Kabareskrim mengatakan, Bayu ditangkap pada Kamis (18/10) sekitar pukul 13.30 WIB. Ia melakukan defacing situs http://jdih1.pn-unaaha.go.id/ pada 7 Juli 2018 dengan menggunakan metode com_fabrik.

Arief juga mengatakan, berdasarkan hasil pengakuannya, pelaku yang tergabung dalam grup grup Whats App defacer/hacker/carding ini mengaku berhasil men deface lebih dari 100 situs pemerintahan dan umum. “Ini melanggar sejumlah pasal dalam undang-undang ITE,” katanya.

Baca Juga :  Hacker yang Bobol Ratusan Website Luar Negeri Kabur ke Mojokerto

Arief juga vumengatakan, sejauh ini pihaknya masih melkukan pemeriksaan lanjutan terhadap pelaku dan melakukan pemeriksaan mendalam pada alat komunikasi dan device tersangka untuk memetakan jaringan defacer.

Bayu ditangkap dengan barang bukti berupa smartphone Samsung J1 dan lembar pembayaran jaringan Speedy sebagai internet yang digunakan untuk meretas. “Karena pelakunya masih dibawah umur, kami juga akan berkoordinasi dengan Badan Pemasyrakatan Anak Surabaya untuk permohonan dalam proses diversi,” pungkasnya.(rid/sma)