BPPKA Mojokerto Antar “Bapak Samerto” Raih Penghargaan Kovablik 2018

Top 25 Kompetisi Inovasi Publik Jatim 2018

Program Bayar Pajak Pakai Sampah di Kota Mojokerto (Bapak Samerto) yang digagas Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPPKA) Kota Mojokerto meraih penghargaan Top 25 Kompetisi Inovasi Publik (Kovablik) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan Jawa Pos.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati mewakili Wakil wali kota Mojokerto, di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (22/10).

Inovasi program Bapak Samerto merupakan Inovasi pelayanan publik kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Publik yang Efektif, Efisien dan Berkinerja Tinggi dan mrndapat apresiasi dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang hadir langsung acara Penganugerahan Top 25 Kovablik 2018 dan Good Practice Award

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam membangun tata kelola pemerintahan dan daerah, pemda harus bisa menciptakan inovasi sekecil apapun. “Kunci sukses daerah, ada di inovasinya. Satu daerah, paling tidak punya jujukan wisata sekecil apapun itu, ada kerajinannya, kuliner yang enak,” ungkapnya.Mendagri juga mengatakan, Selain Inovasi, pemda harus mengembangkan sistem pelayanan publik yang efektif dan efisien agar dapat memunculkan public trust dan iklim investasi yang baik.

Baca Juga :  Bersaing, 54 Pelaku Ekonomi Kreatif di Mojokerto Dipamerkan

Sementara Harlistyati, Sekda Kota Mojokerto mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi bagi warga Kota Mojokerto yang telah ikut berperan dalam pembangunan Kota Mojokerto melalui program membayar pajak pakai sampah (Bapak Samerto).

“Keberhasilan ini merupakan keterkaitan semua pihak, BPPKA Kota Mojokerto, Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas-dinas yang lain, khususnya Bank Sampah Induk (BSI) yang punya andil besar dalam program ini.” terangnya. Harlis juga berharap agar semua OPD-OPD di Kota Mojokerto juga menciptakan inovasi-inovasi khususnya yang memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Semoga Kota Mojokerto kedepan akan lebih ditingkatkan lagi prestasinya dan lebih banyak inovasi yang diciptakan,” punhkasnya.(sma/ADV)