Warga Mojokerto Temukan Berbagai Benda Bersejarah di Proyek TPA

Mulai Lumpang, Batu Andesit Hingga Tombak

Penemuan benda bersejarah di penggalian proyek TPA di Dusun Sambeng, Desa Belahantengah, Kecamatan Mojosari, Mojokerto terus bermunculan. Sedikitnya ada 13 benda berbagai jenis ditemukan warga dalam seminggu terakhir.

Muhammad Erwin Rizaldi, anggota komunitas pelestari sejarah mengatakan, 13 barang yang diduga peninggalan bersejarah tersebut berupa dorpel, batuan andesit, umpak, lumpang alu, pecahan terakota, pecahan gerabah, diduga sarkofagus, kemuncak, pripih dan tombak.

Erwin juga mengatakan, sebelumnya warga juga menemukan sejumlah batu bata kuno, dinding yang terbuat dari batu bata kuno dan sejumlah barang bersejarah yang bentuknya mirip sarkofagus. “Benda bersejarah ini ditemukan tersebar di lahan sekitar satu hektare,” ungkapnya.

Baca Juga :  Patung Gajah Mada Setinggi 36 Meter Bakal Dibangun di Mojokerto

Ada sembilan titik lokasi penemuan benda bersejarah tersebut, dan sekarang bendanya disimpan di Punten yang lokasinya di dekat area ditemukannya barang-barang yanh diduga peninggalan kerajaan Majapahit. “Barang-barang tersebut diduga pernah ditemukan warga, karena sebagian juga dipakai pondasi,” tanbah Edwin.

Sementara dengan tenuan tersebut, pihaknya akan terus melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.(fam/udi)