Beli Baju Baru Jangan Langsung Dipakai, Ini Resikonya

Harus Dicuci Tuk Hilangkan Bakteri

LKalau kita membeli baju baru rasanya ingin sekali langsung memakainya. Eits, tunggu dulu, baju baru jangan langsung dipakai dulu, namun sebelumnya harus dicuci karena berbahaya.

Donald Belsito, Profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, mengatakan pakaian baru dari toko yang tidak dicuci dapat menyebabkan iritasi kulit, kudis, kutu atau bahkan jamur.

“Kita tidak pernah tahu sejarah panjang pakaian tersebut atau bagaimana cara penanganannya, juga bahan kimia apa saja yang digunakan,” ungkapnya.

Menurut Belsito, kutu dan kudis bisa ditularkan mulai dari mencoba pakaian di toko, apalagi baju yang dipajang bisa saja dicoba banyak orang yang memiliki penyakit kulit yang mudah menular.

Seorang ahli manufaktur pakaian, Lana Hogue bahkan menyatakan, mencuci baju baru itu benar-benar harus, terutama kita akan berkeringat. “Hampir semua benang dan kain dalam prosesnya mengandung bahan kimia, bahan kimia ini bisa berbahaya dan menyebabkan ruam merah atau rasa gatal,” terangnya.

Namun, Hogue juga mengatakan, ada beberapa jenis pakaian yang tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Seperti, pakaian renang atau pakaian luar yang tidak menyentuh kulit secara langsung.(Tim/sma)