Awas, Kumistebal di Mojokerto Jadi Sarang Penyakit TBC

Community TB Care Aisyiyah Kota Mojokerto

Penderita Tuberculosis (TBC) di Kota Mojokerto relatif cukup tinggi, lebih parahnya lagi, masih banyak masyarakat yang enggan melakukan pemeriksaan. Padahal penyakit TBC sangat mudah menular karena penularannya melalui udara.

Tatik Lutfiati, Kepala SSR TB Aisyiyah Kota Mojokerto mengatakan, satu pasien TB berpotensi menularkan beberapa orang lainnya, kalau tidak ditangani serius dikhawatirkan akan semakin menyebar.

“TB di Jawa timur menduduki peringkat kedua di Indonesia  setelah Jawa Barat. TB anak juga mencapai angka proporsi  tertinggi di Jawa timur, yaitu 20 %  dari semua kasus TB, artinya masih banyak penderita TB dewasa disekitar TB anak yang harus ditemukan dan ditangani serta diobati sampai sembuh,” ungkapnya.

Tatik berharap, masalah ini harus segera ditanggulangi bersama sama seluruh elemen masyarakat dengan cara aktif, pasif dan masif dg gerakan TOSS TB ( temukan TBC,Obati Sampai Sembuh).

Tatik juga mengatakan, di antara yang menjadi penyebab penyebaran TB di Kota Mojokerto karena sebagian besar penderita TBC yang tinggal di lingkungan kumistebal (kumuh,miskin,terbelakang), mereka masih belum terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Namun meski suspect TB masih banyak yang enggan diperiksa.

“Banyak penderita TB ditemukan di lingkungan kumistebal, kalau mereka tidak terdeteksi justru bisa menularkan ke keluarga dan lingkungannya. jadi perlu dukungan dari masyarakat serta pemerintah. Tidak cukup hanya dinkes tapi juga instansi lainnya yang menaungi masalah kebersihan lingkungan dan pemukiman,” tambahnya.

Masih Kata Tatik, di Kota Mojokerto sebenarnya sudah ada beberapa tim peduli TB yang dibina oleh Puskesmas namun masih belum banyak menjangkau secara maksimal dan bergerak secara Optimal karena keterbatasan SDM .Tim ini beranggotakan masyarakat, toga tomas, pasien dan mantan pasien TB, Kader TB dan kader motivator .

“Kami, SSR TB Care  Aisyiyah mulai membangun jejaring dengan tim kecil binaan  puskesmas ini, seperti Paguyuban Gema Pitu yang dibentuk Puskesmas Gedongan dan paguyuban masyarakat peduli TB yang dibentuk Puskesmas Mentikan dan Kedundung,” ujar Tatik.

Sementara untuk penguatan organisasi, Community TB Care Aisyiyah Kota Mojokerto juga menggelar pelatihan Capacity Building of CSO Advocacy Skill and Fundrising selama tiga hari. Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan tim dalam penjangkaun pasien TB juga melakukan advokasi dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan TB di Kota Mojokerto.

Dalam pelatihan yang melibatkan praktisi media, Zacky Arisal, Ketua dan Anggota Komisi III, Suliyat dan Anang serta tim dari Bappeko Mojokerto diharapkan bisa menemukan formula yang efektif untuk pencegahan TB. Baik melalui program internal TB Care maupun melalui dukungan kebijakan pemerintah.

“Tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan pemahaman terkait advokasi dan strateginya. Agar tim peduli TB lebih memahami bagaimana cara melakukan pendampingan baik terhadap pasien TB maupun upaya membantu pemerintah dalam penanggulangan TB di Mojokerto,” pungkasnya.

Sementara berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Mojokerto pada tahun 2017. Jumlah  target jangkauan  insiden TB sebanyak, 440 capaiannya 277 dan 72 diantaranya adalah TB Anak.(sma/udi)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :