Wabup Mojokerto Minta Kasek TK-SD Tingkatkan Kompetensi melalui PKB

Pembukaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkatan I dan II Tahun 2018

Sebanyak 60 orang terdiri dari 40 Kepala SDN dan 20 Kepala TK, mendapat pengarahan Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, untuk senantiasa meningkatkan kompetensi melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dalam acara Pembukaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkatan I dan II Tahun 2018, Senin (5/11) pagi di Pendopo Graha Maja Tama wabup meminta kasek meningkatkan kompetensinya melali PKB. “Kepala sekolah wajib meningkatkan kompetensinya, salah satunya adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Diklat ini merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan manajaerial di sekolah,” kata wabup.

Terdapat dua macam karakter yang ingin ditanamkan kepada para peserta didik. Yakni karakter intrapersonal dan interpersonal. Karakter intrapersonal dicirikan dengan sifat kreatif, visioner, cerdas. Sedangkan interpersonal berkaitan dengan aspek kinestik yang dicirikan dengan kerja keras, gigih dan tanggung jawab. “Nilai-nilai pendidikan karakter perlu dilaksanakan secara komperhensif di sekolah, melalui aktivitas intrakurikuler dan ekstrakurikuler,” tambah wabup.

Baca Juga :  HGN 2018, Guru Harus Tingkatkan Profesionalisme Menuju Pendidikan Abad 21

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto, Susantoso, melalui laporan sambutannya mengatakan, para peserta akan menjalani diklat mulai tanggal 5-10 November 2018. “Para peserta akan menerima materi pelatihan selama 75 jam pelajaran untuk tiap angkatan, mulai dari materi dasar hingga penunjang dengan narasumber berasal dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS),” terang Susantoso.(sma/udi)