Dispenduk Kota Mojokerto Luncurkan Program Gemilang 3 in 1

3 Pengurusan Dalam 1 Langkah

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto terus berupaya untuk meningkatkan layanannya. Hal ini sesuai dengan visi Kota Mojokerto sbagai kota pelayanan (Service City). Salah satunya dengan meluncurkan program Gemilang (Segera Memiliki Identitas Langsung).

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Program Gemilang ini diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir langsung akan mendapat tiga identitas, yakni Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK). Program ini mulai disosialisasikan kepada Masyarakat.

Muhammad Imron, Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto mengatakan, dalam program gemilang ini masyarakat harus pro aktif agar bisa mendapatkan layanan yang cepat dan mudah. Dispenduk juga sudah kerjasama dengan Rumah Sakit, Puskesmas dan para Bidan. “Ibu yang sedang hamil bisa menyiapkan berkas untuk pengurusan akta kelahiran, begitu melahirkan berkasnya langsung kita proses dan Akta Kelahiran, KIA dan KKnya akan kita terbitkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemuda 16 Tahun di Mojokerto Harus Perekaman e-KTP

Imron juga mengatakan, tahapan program Gemilang ini sangat sederhana, Pertama ibu hamil bisa mendatangi ke kantor kelurahan dengan membawa berkas pengurusan KK dan Akta kelahiran dan mengisi formulir. Kedua saat melahirkan, berkas dari kelurahan diserahkan ke Rumah Sakit atau Puskesmas atau Bidan tempat persalinan serta memberikan nama anak. Ketiga, Dispenduk akan memproses secara online.

Dengan program Gemilang ini, ibu yang melahirkan anaknya bisa langsung membawa pulang tiga adminduk secara langsung, yakni Akta Kelahiran, KIA dan KK baru yang sudah tercantum nama anak yang baru lahir.(sma/ADV)