Bawa Sajam, Orgil Ngamuk Sabet Caleg PKB di Mojokerto

Orang dengan gangguan jiwa yang diketahui bernama Mas’ud warga Desa Sambiroto, Sooko, Mojokerto tiba-tiba mengamuk dengan membawa senjata tajam. Akibatnya seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkena sabetan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, peristiwa ini terjadi saat Dinas Kesehatan Provinsi Jatim menggelar pelatihan kesehatan jiwa di desa Sambiroto. Kamis (29/11) sekitar pukul 09:00 WIB. Mas’ud yang diketahui sudah mengalami gangguan jiwa selama 10 tahun mengamuk dengan membawa pisau.

Nur Aini, Petugas Latihan Kesehatan Jiwa (PLKJ), Dinkes Kota Mojokerto mengatakan, kejadian ini bermula saat petugas dari Dinkes melakukan uji praktek hasil dari pelatihan yang bertepatan di Desa Sambiroto.

“Saat ditanya-tanya oleh petugas, Masud ini baik-baik saja. Namun saat didatanggi perangkat desa dan Pak Nanang tetangganya lalu disuruh mandi, tiba-tiba Mas’ud mengamuk, menendang dan membawa pisau yang diambil dari dapur,” ungkapnya.

Petugas spontan melarikan diri dan mencari lokasi aman, namun Pitung Hariono, mantan Kades Sambitoto yang juga caleb PKB mendatangi Mas’ud dan terkena sabetan di lengan kirinya. Sementara Mas’ud langsung diamankan petugas.

Akibat kejadian ini, Pitung sempat mendapat perawatan kesehatan dan langsung pulang. Bahkan saat tim media berusaha mengkonfirmasi masalah ini, yang bersangkutan sedang istirahat. “Bapaknya baru saja tidur karna habis jatuh, tangannya mengalami luka,” kata istrinya.(fam/udi)