Siap-Siap Jadwal UNBK 2019 Dimajukan, Ini Langkah Dispendik Kota Mojokerto

Serentak Gelar Simulasi dan Try Out Lebih Awal

Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mengantisipasi perubahan jadwal Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK) 2019 yang kemungkinan bakal dimajukan pada bulan Maret 2019.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Dinas Pendidikan mengimbau semua sekolah SMP baik negeri dan swasta agar melakukan simulasi UNBK atau latihan soal berbasis komputer.

Amin Wachid, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mengatakan, simulasi UNBK di semua SMP negeri dan swasta sudah dilakukan sejak minggu lalu, dan pihaknya meminta agar dilakukan sesering mungkin. “Kita imbau sesering mungkin latihan pengerjaan soal yang berbasis komputer,” ungkapnya.

Amin juga mengatakan, selaian simulasi UNBK secara serentak, Dinas Pendidikan juga bakal menggelar try out UNBK lebih awal, yakni di bulan Januari. “Mulai minggu ke 2 Januari 2019 nanti kami akan kita laksanakan Try Out dan Latihan 2,” tambahnya.

Baca Juga :  Jelang UNBK SD dan SMP di Mojokerto, Dispendik Gelar Simulasi Anti Error

Persiapan yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto ini untuk mengantisipasi percepatan jadwal UNBK 2019. Hal itu berkenaan dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis Prosedur Operasi Standar (POS) Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018-2019.

Sementara di Kota Mojokerto, ada 22 Sekolah Setingkat SMP yg akan melaksanakan UNBK. Diantaranya 9 SMP Negeri dan 11 SMP Swasta serta 2 MT.s. Sedangkan jumlah Siswa Kelas IX yg akan mengikuti UNBK sebanyak 3.128 siswa.(sma/udi)