Polresta Mojokerto Telusuri Penipuan Jual Beli Mobil Murah, DP Hanya Rp 5 juta

Awas penipuan melalui media online

Banyaknya warga yang ingin memiliki mobil baru ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan melakukan penipuan bermodus jual beli mobil baru dengan uang muka yang super murah.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Jum’at (11/01) lalu Polresta Mojokerto menerima laporan warga tertipu jual beli mobil baru dengan uang muka Rp 5 juta dapat mobil Xpander. Awalnya penawaran melalui SMS lalu berlanjut dengan komunikasi dan muncul kesepakatan, kemudian uang mukanya ditransfer.

Penawaran jual beli mobil baru dengan uang muka yang super murah juga banyak bertebaran di media sosial facebook. Masyarakat dihimbau agar selalu waspada dan hati-hati agar tidak menjadi korban penipuan.

KAPOLRESTA Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono, mengatakan, ada banyak konten yang tersebar di media sosial. Mulai dari provokasi, pornografi, hoax, ujaran kebencian juga penipuan. “Jadi, masyarakat harus mewaspadai penipuan bermodus seperti ini, agar tidak ada korban lagi,’’ ungkapnya.

Kapolres juga mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim cyber crime untuk berselancar di dunia maya dan mendeteksi akun abal-abal penyebar hoaks hingga unggahan bernada provokatif dan berbau sara.

Baca Juga :  Tertipu Puluhan Juta, Pengusaha Sepatu di Mojokerto Lapor Polisi

“Ada 20 personel petugas yang menjadi tim cyber troops di lingkungan polresta, ditambah tim di setiap polsek jajaran. Tugas mereka adalah patroli di dunia maya baik dengan PC maupun smartphone,” tambahnya.

Kata Kapolresta, tindakan yang dilakukan di media sosial dan melanggar UU ITE akan ditindak lanjuti pidananya. Namun tim cyber troops ini akan bekerja sama dengan humas untuk melakukan edukasi dan viralisasi konten hoaks berbau SARA dan provokasi yang sudah dalam bentuk klarifikasi.(sma/udi)

Baca juga :