Bantuan SPP Gratis Bagi Semua SMA/SMK Tunggu Khofifah Dilantik

Tahun ini hanya berlaku enam bulan

Program bantuan SPP gratis bagi semua siswa SMA/SMK di Mojokerto bakal dimulai pada tahun ajaran baru 2019, sekitar bulan juli. Bantuan ini merupakan program pendidikan gratis yang digagas Pemprov Jawa Timur (Jatim).

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, program SPP gratis ini tertuang dalam Visi dan Misi Gubernur Jatim terpilih, Khofifah – Emil dan akan diberlakukan setelah keduanya resmi dilantik

Mariyono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto mengatakan, sasaran program ini menyentuh semua sekolah SMA/SMK se Jawa Timur, termasuk Mojokerto.

Bahkan Kata Mariyono, bantuan akan menyentuh semau SMA/SMK negeri dan swasta, juga sekolah yang belum terakteditasi pun akan menerima bantuan SPP Gratis ini. “Jadi programnya fixed ditanggung Pemprov,” ungkapnya.

Baca Juga :  Warga Mojokerto, Jangan Harap Bantuan SPP

Sementara mengenai besaran bantuan yang akan dibayarkan oleh Pemprov Jatim akan menyesuaikan besaran SPP di daerah masing-masing. “Jadi setiap daerah tidak sama,” tambahnya.

Sebagai konsekwensi, setelah program ini dijalankan, sekolah dilarang keras menarik biaya SPP bagi siswanya. Namun masih tetap diperbolehkan memungut biaya kegiatan ekstra, dengan catatan harus melalui persetujuan komite sekolah dan wali murid, setta tidak membebani orang tua.(sma/udi)