Launching 367 Agenda Wisata di Jatim, 7 Event Masuk Kalender Nasional 2019

Meliputi Wisata Alam, Budaya dan Buatan

Provinsi Jawa Timur meluncurkan Kalender Wisata 2019 di Gedung Graha Wisata, Surabaya, Selasa lalu (22/01). Kalender Wisata ini memuat 367 agenda budaya dan wisata yang digelar oleh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sepanjang tahun 2019.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, Peluncuran Kalender Wisata Jatim 2019 dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sinarto dan dihadiri oleh para pelaku pariwisata di Jawa Timur.

Pariwisata di Jatim mengandalkan wisata budaya, wisata alam dan buatan. Hampir semua kabupaten memiliki potensi wisata ini, termasuk Kabupaten Mojokerto yang memiliki wisata budaya sejarah peninggalan kerajaan Majapahit. Juga wisata alam yang mengandalkan kawasan Trawas dan Pacet yang terkenal dengan wisata air panas.

Senentara dari 367 agenda wisata di Jatim, 7 diantaranya masuk Kalender Wisata Nasional. Diantaranya :

1. Majapahit International Travel Fair (2-5 Mei 2019 di Surabaya)

2. Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo (13-17 Juli 2019 di kawasan Gunung Bromo),

3. Jember Fashion Carnival (30 Juli-4 Agustus 2019 di Alun alun Jember)

4. Malang Flower Festival (15 September 2019 di Malang).

5. International Tour de Banyuwangi Ijen (23-26 September 2019 di Kawasan Gunung Ijen-Banyuwangi)

Baca Juga :  Wisata di Mojokerto Digrojok Dana Rp 20 Miliar Lebih

6. Banyuwangi Ethno Carnival (28 Juli 2019 di Taman Blambangan, Banyuwangi),

7. Festival Gadrung Sewu (12 Oktober 2019 di Pantai Boom, Banyuwangi).

Sinarto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim mengatakan, Jatim memiliki beragam potensi wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. “Daya tarik wisata alam, Jatim memiliki Gunung Bromo, Kawah Ijen, Pantai Tiga Warna di Malang, Pantai Klayar di Pacitan, Tumpak Sewu di Lumajang dan Gililabak di Sumenep,” katanya.

Sementara untuk wisata budaya, kata Sinarto, Jatim memiliki Candi Bajang Ratu dan Candi Tikus di Mojokerto, Candi Penataran Blitar, Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Makam Sunan Bonang Tuban dan Masjid Cheng Ho Pasuruan.

Sedangkan untuk wisata buatan, Jatim memiliki Jatim Park 3, Museum Angkut Kota Batu, Kampung Warna Warni Kota Malang,Taman Safari Indonesia 2 Pasuruan, Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang, dan wisata bahari Lamongan, dan masih banyak potensi wisata buatan lainnya.

Kata Sinarto, Jawa Timur juga memiliki berbagai keragaman agenda budaya dan wisata. Seperti olahraga, carnaval, upacara adat, pergelaran kesenian dan budaya, peringatan keagamaan, pameran, dan kuliner yang digelar di semua daerah kabupaten/kota di Jawa Timur.(sma/udi)