Spot Selfi Keren, Puthuk Siwur Mojokerto Cocok Bagi Pendaki Pemula

Kabupaten Mojokerto punya beragam wisata, mulai wisata alam sampai edukasi. Selain itu juga menyimpan keindahan alam yang di gandrungi para pecinta alam untuk mendaki gunung.

Selain gunung Penanggungan yang cukup terkenal di Jawa Timur, pecinta alam bisa mencoba mendaki di Puncak Puthuk Siwur yang berlokasi di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, puncak gunung Puthuk Siwur memiliki ketinggian 1.429 Meter Diatas Permukaan Laut (Mdpl) telah menjadi jujukan banyak para pecinta alam pemula atau sekedar mencoba.

Puncak Puthuk Siwur baru tereksplor awal tahun 2017 lalu. Namun saat ini sudah cukup banyak di gemari pencinta ketinggian. Para pendaki ketagihan khusunya bagi pemula, karena selain jalur tidak begitu ekstrim juga cenderung santai. Tapi sebelum mendaki, disarankan mempersiapkan minuman terlebih dulu, karena pendaki tidak akan menjumpai mata air apapun sepanjang perjalanan.

Dari pos perizinan, pendaki akan menempuh perjalanan setapak yang cukup landai dengan suguhan hutan pinus. Setelah itu akan ada padang sabana dan sedikit hutan basah khas hutan tropis. Bahkan para pendaki akan di suguhkan beberapa spot selfi sebuah sabana dengan kombinasi bebatuan.

Baca Juga :  Fantastis, Sendi Adventure Mojokerto Suguhkan View Alami

Saat perjalanan menuju puncak, pendaki juga akan menjumpai spot area yang bernama Goa Bebek hingga menjumpai padang sabana dengan cemara gunung.

“Tempatnya cukup bagus, pemandangannya juga indah. ” ungkap Laili, salah satu pendaki asal Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Menurutnya, meski baru kali pertama mendaki, ternyata puncak Puthuk Siwur ini cocok bagi para pemula yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. ” Untuk jalurnya sendiri, saya kira lumayan kalau bagi para pemula seperti saya, sempat berhenti berkali kali. Namun karena pemandangan di sekitar lokasi cukup indah, jadi tidak terasa” imbuhnya.

Untuk mendirikan tenda di Puncak Puthuk Siwur areanya juga cukup luas. Sehingga pendaki bisa memilih dari sudut mana untuk menikmati udara sejuk di atas pegunungan.

“Kalau pemandangannya, sudah jangan ditanya lagi, pasti keren. Saya tahu tempat ini, juga dari internet. Karena niat awalnya mau mendaki ke Gunung Pundak, tapi setelah lihat Puthuk Siwur cukup keren, kami memilih camp di sini saja,” tuturnya. (adm/ats)