Di Mojokerto Bakal Ada 26 TK Negeri Baru Tersebar di Semua Kecamatan

Tempati Bekas Gedung SD yang Dimerger

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto tahun ini akan mendirikan 26 lembaga Taman-Kanak-Kanak (TK) Negeri baru yang tersebar di hampir seluruh Kecamatan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, pendirian 26 TK Negeri baru ini sudah digodok sejak tahun lalu dan bakal direalisasikan tahun ini. TK Pembina ini akan menempatii gedung SD yang telah dimerger.

Kabid PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dispendik Kabupaten Mojokerto, Muhammad Jamil menjelaskan, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan dispendik, terdapat 26 titik aset pemkab yang bisa ditempati sebagai kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kata Jamil, meski ada tambahan lembaga TK secara signifikan, namun tidak ada pembangunan gedung baru. ”Lokasinya kita utamakan di gedung SDN eks merger, jadi tidak ada pembangunan gedung baru dan hanya rehab kelas saja,” katanya.

Baca Juga :  Terungkap, Bocah yang Tewas Mengambang di Mojokerto siswi TK di Jombang

Sementara sebaran lokasi 26 TK Negeri ini, kata Jamil, hampir menyentuh semua wilayah kecamatan. Jumlah terbanyak ada di Kecamatan Mojosari dan Dawarblandong yang mendapat jatah tambahan tiga lembaga baru.

Jamil mencontohkan, di Mojosari, TK Negeri yang baru akan ditempatkan di SDN Menanggal, SDN Jotangan, dan SDN Leminggir. Sementara di Dawarblandong bakal menempati SDN Brayublandong, SDN Gunungsari, serta SDN Pulorejo. Sedangkan 20 TK lainnya tersebar di 14 kecamatan lainnya.

Alasan penambahan lembaga tersebut guna peningkatan jumlah TK pembina negeri di kabupaten. Karena dari 458 lembaga TK yang ada, sebagian besar milik lembaga swasta. Pemkab hanya memiliki lima TK negeri yang berada di Kecamatan Kemlagi, Trowulan, Bangsal, Mojoanyar, dan Jatirejo.(sma/udi)