Tol Jombang-Mojokerto Bangun Rest Area Senilai Rp 24 Miliar. Didesain Seperti Mall

Tampung UMKM Lokal dengan Seva Rp 6 Juta Per Bulan

Astra Infra Toll Road berkolaborasi dengan Astra Property mengembangkan fasilitas rest area di ruas Tol Jombang-Mojokerto. Di jalan tol sepanjang 40,50 kilometer ini, Astra toll membangun rest area Tipe B Kedungmlati di KM 695 dan Karangkandang di KM 678.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, dua rest area di jalur ke arah Mojokerto dan ke arah Jombang ini didesain dengan gaya arsitektural menarik, layaknya pusat belanja modern. Namun tetap mengusung konsep islami yang disesuaikan dengan ciri khas Jombang kota beriman.

Direktur Marga Harjaya Infrastruktur, Anggoro Legowo selaku pengembang Jalan Tol Jombang – Mojokerto menjelaskan, pihaknya sengaja mengakomodasi fakta bahwa Kabupaten Jombang merupakan kawasan santri dengan ratusan masjid yang bisa ditemui di setiap sudut.

“Kami mengkombinasikan kearifan lokal dengan citarasa modern, sehingga menghasilkan rest area yang dapat memberikan kenyamanan pelintas jalan tol,” katanya.

Anggoro juga mengatakan, di kedua rest area ini mencakup masjid sebagai bangunan utama, ruang ritel berkonsep market hall, outdoor seating sebagai anjungan pandang sekaligus tempat istirahat dan makan pengunjung.

Baca Juga :  Hari ini Puncak Arus Balik, GT Bandar Tol Jombang - Mojokerto Bebas Transaksi

Rencananya, di rest area yang memiliki luas masing-masing 11.000 meter persegi ini akan diisi 20 pengrajin dan pengusaha UMKM sebagai pemenuhan syarat 30 persen dari total jumlah peritel. “Sisanya merupakan pengusaha lokal dengan level lebih tinggi,” tambahnya.

Pengusaha yang memanfaatkan stand di rest area akan dikenai biaya sewa Rp 6 juta per bulan dengan masa kontrak per satu tahun untuk kemudian dievaluasi. Sementara total anggaran pembangunan dua rest area ini mencapai Rp 24 miliar. Dan diperkirakan akan mulai beroperasi pada April 2019 atau sebelum masa mudik Lebaran 2019.(sma/udi)

Iklan suaramojokerto.com
advertisementBaca juga :