Musim DBD, Ini 4 Tips Hindari Gigitan Nyamuk

Tips Kesehatan

Wabah demam berdarah dengue (DBD) harus diwaspadai oleh semua masyarakat, karena bisa beresiko kematian. Dinas Kesehatan pun getol melakukan pemnerantasan sarang nyamuk (PSN) dengan kampanye 3M plus.

Nah, berbicara soal nyamuk. Sepertinya di musim apapun, nyamuk akan tetap beterbangan dan hinggap di tubuhmu. Kalau sudah tergigit, rasanya tidak menyenangkan dan pastinya akan timbul bentol dan rasa gatal.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com dari berbagai sumber. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko terkena gigitan nyamuk.

Inilho 4 tips menghindari gigitan nyamuk :

1. Pakai baju berwarna terang

Warna-warna yang tua seperti hitam, merah dan biru tua ternyata mampu menarik perhatian nyamuk. Karenanya, disarankan untuk menggunakan pakaian yang berwarna terang untuk menghindari gigitan nyamuk.

2. Jangan gunakan parfum berwangi bunga

Bagi kaum hawa, memakai wewangian atau parfum adalah hal yang wajib. Tetapi memakai jenis parfum dengan wangi bunga dapat menarik perhatian serangga, khususnya nyamuk. Juga, hindari sabun, sampo, dan lotion yang berbau harum. Ingat, nyamuk lebih suka memakan bunga ketika tidak bereproduksi, jadi cobalah untuk tidak berbau seperti itu.

Baca Juga :  Musim Hujan, Wabah DBD Rangking 1 Paling Rawan

3. Minum jus lemon

Ada alasan mengapa sebagian besar lotion anti nyamuk memiliki aroma lemon, dan itu karena nyamuk tidak menyukai aroma tersebut. Menambahkan sedikit perasan lemon ke dalam air dapat membantu menghindari nyamuk dan ini merupakan salah satu cara untuk tidak digigiti oleh nyamuk yang efektif.

4. Gosokkan bawang putih ke seluruh tubuh

Alternatif yang sedikit lebih ekstrem daripada meminum jus lemon atau menggunakan lilin beraroma citronella atau menggunakan lition adalah dengan mengoleskan siung bawang putih pada kulit.

Ini jelas bukan pilihan yang populer, tapi kalau kamu adalah seorang backpacker, mungkin akan berpikiran untuk menggunakan alternatif ini, apalagi saat di ruang terbuka.(sma/udi)

Baca juga :